Senin, 10 Desember 2012

TIPS MENGUJI MADU ASLI

  • Madu Tawon yang baik adalah madu asli yang belum dicampur dengan bahan-bahan lainnya, seperti air gula, dan sebagainya.
  • Madu yang baik, ialah madu yang bebas dari kotoran, baik sisa -sisa sarang, tawon yang terbawa dalam ekstrakasi, maupun lain-lainnya seperti pasir atau lainnya.
  • madu yang baik ialah madu yang berwarna bening dan tidak beragi
CARA atau TIPS untukMenguji Madu 
Ambillah air teh di gelas secukupnya. usahakan air tehnya jangan terlalu kental. Masukkan ke dalamnya madu yang di uji sedikit. apabila madu yang dimaksud yang dimaksud belum ditambah cairan gula, maka dipermukaan larutan madu dengan  teh tersbut tidak terdapat genangan semacam minyak yang melayang-layang dipermukaannya. Madu yang asli memberikan perubahan warna air teh menjadi gelap saja dan berwarna coklat.
CARA PENYIMPANAN
Akibat komposisi susunan kimia dengan kadar air demikian rupa pada madu, menyebabkan tahan lama dalam pemyimpanan madu. Namun begitu bila penyimpanannya kurang baik, madu akan cepat beragi, sebab mudahnya  madu menyerap air.
Pada udara yang lembab, berat madu dapat bertambah sebanyak 33%. Meskipun lama penyimpanan madu di dalam sarang tidak beragi, meskipun lama penyimpanan madu disarang tidak akan beragi, sebab suhu dalam sarang cukup tinggi ialah 30 derajat celcius. sedangkan yang menyebabkan timbulnya peragianpada suhu 11-19 derajat celcius. karena itu untuk penyimpanan madu sebaiknya pada suhu 5-10 derajat celcius dengan ventilasi yang baik. bila disimpan pad suhu yang tinggi, madu akan mengeluarkan gas sebagai hasil dari proses fermentasi selanjutnya.